MUNGKINKAH HAMIL BISA HAID

PERTANYAAN:

Assalamualaikum. Dok, Apakah mungkin ada orang hamil tetapi mengalami haid dengan normal? Terima kasih.

Rohmah – Malang

085643871xxx

JAWABAN:

Waalaikumsalam. Tentu saja tidak. Dinding rahim setiap bulan mengalami penebalan temporer yang diatur oleh hormon estrogen dan progesteron. Penebalan ini dilakukan tubuh untuk mempersiapkan implantasi (penanaman) janin.  Jika nyatanya tidak ada embrio (calon janin) yang ditanam, maka dinding ini akan luruh. Karena penebalan dinding ini sarat dengan pembuluh darah, maka kita mengenalnya sebagai darah haid.

Pada wanita yang sedang hamil, ketika implantasi embrio berhasil, maka penebalan dinding rahim berjalan terus dan tidak ada yang luruh sampai dengan proses melahirkan. Jika wanita hamil mengalami perdarahan, maka pasti ada kelainan dengan kehamilannya seperti posisi plasenta yang tidak semestinya, hamil anggur atau aborsi yang tidak komplit. Segera periksakan kepada dokter kandungan setempat.

Catatan Fiqih (tambahan CN): Yang dimaksud haidh dalam ilmu fiqih berbeda dengan yang dimaksud dengan menstruasi dalam ilmu kedokteran sehingga seringkali terjadi kerancuan antara dokter dan ahli agama karena kesalah-fahaman antara makna haid dan menstruasi.

Mentruasi adalah apa yang dijelaskan oleh dokter di atas, sedangkan dalam Fiqih Haid adalah darah yang keluar secara rutin dari dalam rahim bukan karena penyakit, jadi jika wanita hamil mengeluarkan darah di masa hamil tanpa adanya penyakit dalam ilmu fiqih itu dikatakan sebagai haid. Sehigga dalam madzhab Syafii, wanita hamil masih mungkin mengalami haid (bukan menstruasi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Telegram
WhatsApp