Bahayakah Pericoronitis ?

Dok saya mempunyai saudara kandung, beberapa hari lalu ke puskesmas terdekat, didiagnosa mengalami penyakit Pericoronitis dan dirujuk ke rumah sakit umum setelah diberi obat anti sakit. Jelaskan penyakit apakah itu dok, apakah berbahaya?

Ihwan-Sampang Madura

0817936xxxx

Pericoronitis adalah infeksi yang melibatkan jaringan lunak di sekitar mahkota gigi yang erupsi (tumbuh) sebagian. Meskipun secara teoritis setiap gigi dapat terlibat dalam proses keradangan semacam ini, namun pada kenyataannya kasus ini paling banyak terjadi pada molar (geraham) ketiga bawah karena banyak dari gigi tersebut tidak dapat erupsi dengan sempurna (impaksi sebagian).

Pada gigi yang impaksi sebagian, mahkota gigi biasanya diliputi oleh jaringan lunak baik yang menutupi oklusal mahkota gigi (disebut dengan operculum) atau permukaan aksialnya, antara mahkota gigi yang impaksi dan jaringan lunak yang menutupi terdapat suatu ruang potensial, yakni bagian dari dental follicle yang merupakan awal terjadinya keradangan hingga meluas ke jaringan lunak sekitar.

Penyebab infeksi ini adalah flora normal rongga mulut yakni streptococcus dan beberapa jenis kuman anaerob yang merupakan bakteri penghuni sulcus ginggiva. Masalah bahaya atau tidak sangat tergantung klasifikasinya, yakni akut, subakut atau kronis. Pada periocoronitis akut mutlak diberikan antibiotik untuk meredakan infeksi (golongan penicillin) serta analgesik untuk mengurangi rasa sakit. Kemudian instruksi kumur larutan air garam hangat dengan frekuensi cukup sering. Setelah infeksi dapat diatasi, perawatan definitif dapat segera dilakukan dengan pencabutan (odontektomi). Bila tidak, dikhawatirkan terjadi kekambuhan dan penyebaran infeksi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Telegram
WhatsApp