KECEMASAN FOBIA

Dok ana punya masalah mental yang mungkin ada hubungannya dengan syaraf. Ana sering grogi jika berjalan yang di jalan tersebut banyak orang dan tiba-tiba badan tidak bisa bergerak, detak jantung kencang dan kadang karena malu sering mengeluarkan kata-kata yang tidak nyambung. Ini sudah lama ana rasakan. Apa yang harus ana lakukan?

Taufik-malang

081803809xxx

Mungkin yang saudara alami adalah suatu Kecemasan Fobia. Fobia adalah gangguan syaraf kejiwaan berupa gejala ketakutan yang menonjol. Gejala ini menetap dan tak rasional terhadap suatu obyek, aktivitas atau situasi spesifik yang menimbulkan keinginan mendesak untuk menghindarinya. Rasa takut ini diketahui oleh penderita sebagai sesuatu yang berlebihan dan tak masuk akal.

Pada dasarnya fobia dibagi dalam 3 kelompok :

Agorafobia (fobia terhadap keadaan yang berbeda dari situasi dirumah termasuk terhadap gerombolan orang banyak, tempat sempit dan terowongan),

Fobia Sosial (takut terpapar situasi sosial tertentu) dan

Fobia Khas / Terisolasi (takut terbang, ketinggian, binatang, darah, dsb).

Penatalaksanaan fobia dapat dilakukan oleh dokter ahli jiwa dengan psikoterapi suportif, psikoanalisis dan terapi perilaku / desentisasi. Kemungkinan yang lain adalah menggunakan obat-obatan jenis anti depresan seperti Fluoxetine, Sertralina, Amitriptiline, dsb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Telegram
WhatsApp