Fadhilah Dalil Siwak

Ustadz, apa fadhilah-fadhilah bersiwak? Tolong dengan dalilnya!

M.Azhari

Banjarbaru

081348421xxx

JAWABAN:

Tidak diragukan lagi, bahwa hukum bersiwak adalah sunnah. Bahkan menurut Imam Ishaq bin Rohawayh, hukumnya adalah wajib. Rasulullah SAW bersabda:

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتهمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ  . أَخْرَجَهُ مَالِكٌ وَأَحْمَدُ وَالنَّسَائِيُّ . وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ . وَالْبُخَارِيُّ.

“Jika tidak memberatkan kepada ummatku, niscaya aku perintahkan untuk bersiwak setiap akan shalat”.HR.Malik, Ahmad, Annasa’i, Ibnu Khuzaymah dan Bukhori  

Ada beberapa keutamaan bersiwak. Yang paling menonjol adalah membersihkan mulut dan menyebabkan ridlo Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda :

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ , مَرْضَاةٌ لِلرَّبّ . رَوَاهُ الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ وَابْنُ خُزَيْمَةَ وَالْبُخَارِيّ

“Siwak membersihkan mulut dan (menjadikan) ridlo Allah SWT”.HR.Syafi’i, Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Bukhori.

Kesunnahan bersiwak tidak terikat dengan tempat dan waktu. Setiap saat sunnah dilakukan, pagi, siang dan malam. Kecuali bagi yang sedang berpuasa, maka menurut salah satu pendapat hukumnya makruh jika dilakukan setelah dhuhur. Namun pendapat yang kuat menyatakan hukumnya tetap disunnahkan sebagaimana biasanya.

Ada waktu-waktu tertentu di mana kesunnahan bersiwak melebihi yang lainnya. Di antaranya, ketika hendak shalat, Rasulullah SAW bersabda:

رَكْعَتَانِ بِسِوَاكٍ أَفْضَلُ مِنْ سَبْعِينَ رَكْعَةً بِلَا سِوَاكٍ .

“Dua raka’at shalat dengan bersiwak, lebih utama daripada tuuuh puluh raka’at tanpa bersiwak”.HR.Humaydi.

Dan ketika bau mulut sebab makanan atau lainnya, ketika bangun tidur, ketika akan membaca al-Qur’an atau wiridan, ketika mau bersuci, ketika sakaratul maut, agar mempermudah keluarnya ruh, dan lain-lain yang karena begitu banyaknya, tidak dapat saya sebutkan semuanya disini. Lihat. Tuhfatu al-Muhtaj juz l hal 218, Hasyiyah Qulyubi juz l hal 58, Al-Majmu’ juz l hal 324-325, Al-Mughni li Ibi Qodamah juz l hal. 69.@

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Telegram
WhatsApp